Salin Artikel

Kasus Lift Jatuh di Bali, Polisi Sebut Ayu Terra Sengaja Tak Uji Kelayakan karena Okupansi Sedang Naik

"Dari keterangan pak MU, selaku teknisi waktu itu kita periksa sebagai saksi bahwa karena okupansi hotel sedang tinggi jadi pihak owner mengatakan tidak ada waktu untuk melakukan uji coba," kata Kasatreskrim Polres Gianyar AKP Ario Seno Wimoko, Jumat (29/9/2023).

Berdasarkan hasil laboratorium forensik, tragedi lift inclinator yang menewaskan lima orang karyawan di resor tersebut dipicu kelebihan beban dan hanya menggunakan satu sling.

Belakangan, diketahui pihak manajemen mempekerjakan tersangka MU, selaku teknisi saat menganti tali sling lift dari tiga menjadi satu tesebut pada Maret 2023.

Padahal, MU belum mendapat sertifikasi sebagai ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) bidang teknisi elevator atau eskalator. Dia dipekerjakan berdasarkan kepercayaan dan pengalaman saja.

Selain itu, MU juga tidak mengetahui ketentuan dari Kemenaker terkait lift harus memiliki minimal dua tali sling agar bisa beroperasi maksimal.

"Jadi pihak owner mengatakan (kepada MU selaku teknisi) tidak ada waktu untuk melakukan uji coba karena yang menginap di vila sedang tinggi sehingga tidak ada waktu melakukan uji coba langsung digunakan mesin beserta tali sling yang baru," kata Ario.

Sebelumnya diberitakan, lima karyawan Ayu Terra Resort Ubud tewas akibat lift inclinator mereka naiki jatuh, pada Jumat (1/9/2023) pukul 13.00 Wita lalu.

Adapun para korban adalah Sang Putu Bayu Krisna (19), Ni Luh Superningsih (20), I Wayan Aries Setiawan (23), Kadek Hardiyanti (24), dan Kadek Yanti Pradewi (19).

Polisi kemudian menetapkan dua orang tersangka dalam kasus ini, yakni VJ selaku pemilik Ayu Terra Resorts, dan MU selaku teknisi. Keduanya dinilai lalai dalam pemasangan dan penggunaan lift sehingga menyebabkan kecelakaan kerja.

Meski sudah berstatus sebagai tersangka, VJ dan MU masih belum ditahan oleh penyidik dengan alasan bersifat kooperatif dan memiliki masalah kesehatan.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/09/29/174022478/kasus-lift-jatuh-di-bali-polisi-sebut-ayu-terra-sengaja-tak-uji-kelayakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke