Salin Artikel

Kebakaran Lahan di Lereng Gunung Agung Bali Dekati Permukiman dan Pura

KARANGASEM, KOMPAS.com - Kebakaran lahan di lereng Gunung Agung mendekati permukiman warga dan pura di Desa Labasari, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali, pada Selasa (3/10/2023).

Tim gabungan dari BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran, TNI, Polri serta masyarakat setempat pun berjibaku memadamkan api yang mendekati kawasan pura.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem, Putu Eka Tirtana mengatakan, api kebakaran lereng Gunung Agung di dekat pura Desa Labasari, Karangasem, sudah dipadamkan Selasa pukul 16.00 Wita.

"Kebakaran memang sudah dekat sama pura tapi sudah diantisipasi dengan tim gabungan. Tadi laporan kebakarannya diterima, sudah proses pemadaman," kata dia saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa.

Ia menyebutkan, api tak sampai merembet hingga pura di Desa Labasari karena sudah diantisipasi. Sementara permukimam warga berjarak sekitar 500 meter dari titik api.

"Titik api dengan pura tadi sudah dekat sekali. Tapi kalau dari perumahan atau permukiman warga ada sekitar 500 meter dan sudah bisa diatasi," ujarnya.

Ia menyebutkan, untuk kebakaran di lereng Gunung Agung dari hasil pantauan masih ada dua titik api yang terlihat di Dusun Juntal, Desa Dukuh, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali.

Kemudian, untuk luas lahan yang terbakar di lereng Gunung Agung sejak tujuh hari yang lalu sudah sekitar 500 hektar lebih.

"Kalau titik api di lereng Gunung Agung masih terlihat di daerah Dukuh dan Juntal. Lahan terbakar sudah 500 hektar lebih," ujarnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/10/03/180201978/kebakaran-lahan-di-lereng-gunung-agung-bali-dekati-permukiman-dan-pura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke