Salin Artikel

Pemancing Hilang Terseret Ombak di Nusa Penida Bali

Korban diketahui bernama I Wayan Sutrisna (30), warga Banjar Cabang, Desa Sakti, Nusa Penida, Klungkung.

Kepala Kantor SAR Denpasar, I Nyoman Sidakarya, mengatakan petugas menerima laporan hilangnya korban pada pukul 20.00 Wita.

Laporan itu langsung direspons dengan menurunkan personil dari Unit Siaga SAR Nusa Penida untuk melakukan operasi pencarian terhadap korban.

"Malam itu juga kami langsung melakukan pencarian di pinggiran tebing-tebing, karena apabila melakukan pencarian di laut dengan keterbatasan jarak pandang tidak efektif," kata dia dalam keterangan tertulis pada Jumat (6/10/2023).

Sidakarya mengatakan, peristiwa ini berawal ketika korban bersama rekannya sedang memancing ikan di lereng tebing perairan Tanjung Naup, Nusa Penida.

Kemudian, sekitar pukul 19.45 Wita, tiba-tiba ombak besar datang menghempas korban. Korban lalu terjatuh dan terseret ombak. Rekannya sempat mencari korban, namun tidak membuahkan hasil karena batas pandang pada malam hari.

Kendala serupa juga dialami tim SAR yang menyisir darat. Operasi pencarian terhadap korban kembali dilakukan pada Jumat pagi.

Kantor SAR mengerahkan 1 unit RIB (Right Inflatable Boat), dan 6 personil dari Pos SAR Nusa Penida, Pos TNI AL Nusa Penida dan BPBD.

"Kita melakukan perhitungan dari arah angin, kondisi arus dan gelombang untuk ploting area pencarian, dan fokus area pencarian seluas 4 Nm2, sementara penyisiran darat 2 KM," kata dia.

Operasi pencarian ini masih terkendala gelombang yang tinggi sehingga tidak memungkinkan RIB masuk ke area pencarian.

"Pada pukul 09.35 Wita tim SAR gabungan standby di Toyapakeh. Dengan menyesuaikan kondisi, maka tim darat diperkuat untuk pemantauan kemungkinan tanda-tanda terlihatnya korban," kata dia.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/10/06/110840378/pemancing-hilang-terseret-ombak-di-nusa-penida-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke