Salin Artikel

Saat Indonesia Perkenalkan Karamba dan Rumpon ke Negara AIS Forum

Pengenalan tersebut sebagai salah satu solusi dan inovasi di bidang maritim.

"Karamba ikan adalah sesuatu yang sudah biasa kita temukan di Indonesia, tetapi ternyata di negara Pasifik belum ada satu pun karamba ikan," kata Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi di Nusa Dua Bali, Selasa (10/10/2023), seperti dikutip dari laman Kominfo.

Adapun delegasi Indonesia sudah memperkenalkan karamba ikan sebagai inovasi bidang perikanan dalam Pertemuan ke-7 Tingkat Pejabat Tinggi (SOM) Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan (AIS Forum) di Fiji, April lalu.

Delegasi Indonesia juga membawa rumpon ikan yang bisa membantu nelayan menangkap ikan dalam SOM ke-8 AIS Forum di Madagaskar, Juni lalu.

Menurut Jodi, Indonesia berusaha membagikan solusi dan inovasi praktis yang hasilnya sudah terbukti dan bisa diadaptasi negara lain.

"Banyak hal-hal simpel, bukan rocket science yang bisa kita terapkan di negara-negara kecil dan masyarakat bisa terlibat dalam pembuatannya," ungkap dia.

Sekretariat AIS Forum, kata dia, akan mereplikasi solusi serupa di negara lain jika dinilai berhasil.

"Program tersebut akan terus secara berkala kita monitor, evaluasi dan lakukan improvement apabila diperlukan. Jika dinilai sukses, akan kita replicate ini ke tempat lainnya, termasuk di dalam negeri," papar dia.

Sumber: kominfo.go.id

https://denpasar.kompas.com/read/2023/10/11/132153078/saat-indonesia-perkenalkan-karamba-dan-rumpon-ke-negara-ais-forum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke