Salin Artikel

Belasan Satwa Mati Diburu di Taman Nasional Bali Barat, Polisi Selidiki

BULELENG, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Buleleng tengah menyelidiki kasus perburuan liar yang terjadi di Taman Nasional Bali Barat (TNBB) di Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

Pelaku aksi perburuan liar yang dicurigai berjumlah dua orang itu kabur dari kejaran petugas. Sementara petugas hanya menemukan belasan satwa liar yang mati ditembak.

Kasi Humas Polres Buleleng, AKP Gede Darma Diatmika menyebutkan, perburuan liar itu dilaporkan oleh tiga orang petugas TNBB yakni I Wayan Suanegara, I Wayan Widiasa, dan Febby Rieuwpassa.

"Kasus ini ditangani Unit IV Sat Reskrim Polres Buleleng. Masih dalam penyelidikan," ujarnya saat dikonfirmasi di Buleleng, Sabtu (14/10/2023).

Penyidik tengah mendalami kasus itu dengan memeriksa saksi pelapor. Dari keterangan yang didapat penyidik, peristiwa perburuan liar itu diketahui petugas TNBB pada Sabtu dini hari sekitar pukul 01.43 Wita.

Saat itu, petugas tengah beristirahat di pintu masuk TNBB kawasan Tegal Bunder, Desa Sumberklampok, Buleleng, usai melakukan patroli.

Tiba-tiba, sebuah mobil Toyota Kijang DK 1532 WB muncul. Padahal, portal pintu masuk kawasan hutan tersebut saat itu sudah ditutup.

"Saat pelapor (petugas) akan mengecek, tiba-tiba mobil tersebut kembali mundur dengan kencang," jelasnya.

Petugas pun mengejar mobil yang dicurigai itu hingga masuk ke dalam hutan. Mobil itu akhirnya ditemukan namun dalam keadaan kosong.

"Yang pelapor temukan hanyalah barang bukti berupa mobil yang berisi belasan satwa yang sudah mati," ungkapnya.

Belasan satwa yang ditemukan petugas yakni sebanyak 11 ekor kijang, 3 ekor babi hutan dan 1 ekor rusa. Satwa itu ditemukan dengan bekas lubang peluru di tubuhnya.

Sementara pelaku meninggalkan mobil tersebut.

"Pelaku masih dalam penyelidikan kami," tutupnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/10/14/132142878/belasan-satwa-mati-diburu-di-taman-nasional-bali-barat-polisi-selidiki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke