Salin Artikel

Presiden Jokowi Singgung soal Pendidikan Global Saat Buka "World Hydropower Congress" di Bali

Hal itu diungkapkan oleh Jokowi saat membuka World Hydropower Congress 2023 yang digelar Bali Nusa Dua Convention Center, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (31/10/2023).

Menurut presiden, jika kenaikan suhu bumi dibiarkan mencapai lebih dari 1,5 derajat Celcius, maka orang-orang di berbagai belahan dunia berisiko menghadapi bencana.

"Diprediksi akan mengakibatkan 210 juta orang mengalami kekurangan air, 14 persen populasi akan terpapar gelombang panas," kata Jokowi, seperti dikutip dari laman resmi Sekretariat Presiden RI.

"Dan 290 juta rumah akan terendam banjir pesisir, 600 juta orang akan mengalami malnutrisi akibat gagal panen, dan ini adalah ancaman nyata bagi kita semua," lanjutnya.

Komitmen Indonesia

Jokowi mengungkap, Indonesia berkomitmen mempercepat energi baru terbarukan (EBT) dalam skala besar. Sebab, menurutnya, Indonesia kayak akan potensi energi hijau.

Adapun menurut perhitungan energi hijau Indonesia diperkirakan mencapai 3.600 GigaWatt.

Jumlah itu adalah bersumber dari matahari, angin, panas bumi, arus laut, ombak, bioenergi, dan hidro.

Jokowi juga menyinggung mengenai potensi hidro. Indonesia disebut memiliki lebih dari 4.400 sungai potensial dan 128 di antaranya adalah sungai besar.

"Sekali lagi ini adalah potensi besar yang bisa kita manfaatkan untuk masa depan bumi dan masa depan generasi penerus," ujar dia.

Tantangan

Meski begitu, Indonesia disebut menghadapi tantangan.

Salah satunya mengenai lokasi sumber hidro yang posisinya jauh dari pusat kebutuhan listrik. Tantangan lain adalah pendanaan dan alih teknologi.

"Saya berharap World Hydropower Congress ini dapat menjadi forum kolaborasi yang menghasilkan rekomendasi kebijakan dan meningkatkan investasi untuk pemanfaatan energi air bagi ekonomi hijau yang berkelanjutan," tandas dia.

Sumber: Sekretariat Negara

https://denpasar.kompas.com/read/2023/10/31/215133978/presiden-jokowi-singgung-soal-pendidikan-global-saat-buka-world-hydropower

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke