Salin Artikel

Dispar Tutup 4 Konter Ilegal di Air Terjun Sekumpul Buntut Video Wisatawan Mengeluh Dipalak

Penutupan ini dilakukan setelah beredar sebuah video mengenai wisatawan yang mengeluhkan pemalakan tiket masuk.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara mengatakan, penutupan itu dilakukan setelah pihaknya melakukan pertemuan bersama para pengelola Daya Tarik Wisata (DTW) Air Terjun dan pengelola aktivitas wisata tracking Desa Lemukih.

Penutupan itu juga dilakukan lantaran loket-loket yang ada di kawasan itu tidak berbadan hukum.

"Tempat konter itu nantinya kami arahkan untuk jenis usaha lainnya, baik itu usaha jual beli makan dan minum. Tidak ada lagi konter-konter yang menjual tiket ilegal," kata dia, Senin (20/11/2023) di Buleleng.

Dody menyebutkan, penutupan tidak hanya dilakukan di konter tiket, melainkan juga media sosial maupun website yang berbentuk promosi.

Tenaga kerja dan pemandu wisata pekerja empat konter yang ditutup itu, akan dipekerjakan di konter induk yang sudah berbadan hukum.

"Kami juga akan membenahi tata kelola di dua air terjun ini, baik air terjun Fiji maupun Air terjun Lemukih," imbuh dia.

Pihaknya akan memberikan pembinaan dan pelatihan dasar kepada para pemandu di desa untuk menjamin keamanan para wisatawan yang berkunjung.

Sebelumnya, seorang wisatawan mengeluh merasa ditipu saat hendak berkunjung ke Air Terjun Sekumpul, beberapa waktu yang lalu.

Dia dihentikan oleh warga yang membuka sebuah konter ilegal. Padahal tempat itu hanya dibuat seolah-olah merupakan loket resmi penjualan tiket menuju Air Terjun Sekumpul.

Wisatawan tersebut mengeluh diminta membayar Rp 300.000. Bila tidak membayar, mereka dilarang lewat. Keluhan wisatawan tersebut diunggah dan viral di media sosial.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/11/20/200120478/dispar-tutup-4-konter-ilegal-di-air-terjun-sekumpul-buntut-video-wisatawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke