Salin Artikel

Wamenkes: Pneumonia Bukan Sesuatu yang Baru, Kita Sudah Mitigasi

BADUNG, KOMPAS.com - Kasus Mycoplasma pneumoniae sudah terdeteksi di Indonesia. Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan, penyakit pneumonia sejatinya bukan termasuk penyakit baru.

Menurutnya, penyakit pneumoniae sebenarnya menjadi salah satu penyebab kematian anak sejak tahun 1992 di Indonesia.

"Pneumoniae sebenarnya penyakit yang banyak sekali terjadi di Indonesia sebelumnya salah satu penyebab kematian pada era tahun 92-an tapi ini bukan sesuatu yang baru," katanya usai menghadiri Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), dan Zona Integritas (ZI) Tahun 2023, di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC), Kabupaten Badung, Bali, Rabu (6/12/2023).

Dia mengimbau masyarakat menjaga kebersihan anak dan tetap menggunakan masker mencegah penularan pneumoniae lebih luas. Pemerintah bahkan telah memiliki program mitigasi dan evaluasi menekan kasus pneumoniae.

"Sebenarnya asal higiene, menggunakan masker dan sebagainya sih semua bisa terevaluasi dan terjaga dengan baik. Kita sudah mitigasi, penyakit ini sebenarnya sudah ada di dalam platform evaluasi rutin dalam penanganan kasus-kasus di rumah sakit," katanya.

Sejauh ini, Kemenkes mencatat, ada enam kasus mycoplasma pneumoniae di Indonesia. Dari enam kasus itu, seluruhnya merupakan anak-anak, berusia paling muda 3 tahun, dan paling besar 12 tahun.

Enam pasien mycoplasma pneumoniae menunjukkan sejumlah gejala seperti batuk, ingus, sakit kepala, hingga sesak ringan.

Keenam kasus mycoplasma pneumoniae tersebut saat ini sudah sembuh. Lima dari enam pasien yang sempat terinfeksi bakteri itu sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Medistra, Jakarta.

Dua dari lima pasien ini menjalani rawat inap pada 12 Oktober 2023 dan 25 Oktober 2023. Sisanya, menjalani rawat jalan pada November 2023. Kemudian, satu kasus mycoplasma pneumoniae menjalani rawat inap di Rumah Sakit Jakarta Woman and Children’s Clinic atau JWCC.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/12/06/183821078/wamenkes-pneumonia-bukan-sesuatu-yang-baru-kita-sudah-mitigasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke