Salin Artikel

50.000 Kendaraan Diprediksi Lintasi Tol Bali Mandara Saat Libur Nataru

Tol Bali Mandara ini merupakan jalan penghubung antara Kota Denpasar dengan kawasan Wisata Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

Direktur Utama PT. Jasamarga Bali Tol (JBT) I Ketut Adiputra Karang mengimbau para pengguna jalan menyiapkan kartu elektronik mengurangi antrean panjang keluar-masuk tol.

"Saya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar selalu mematuhi rambu-rambu, mengikuti arahan petugas, dan membawa kartu elektronik dengan saldo yang cukup untuk mengurangi antrean panjang di gerbang tol," katanya pada Jumat (22/12/2023).

Karang menuturkan telah menyiapkan sejumlah langkah mendukung kelancaran akses lalu lintas bagi pengguna tol selama libur Nataru.

Beberapa di antaranya adalah memastikan petugas menaati protokol kesehatan mencegah paparan virus corona.

Selanjutnya, menyiapkan armada dan posko yang beroperasi selama 24 jam mengantisipasi keadaan darurat. PT JBT menyediakan 2 unit Kendaraan Patroli, 1 unit Mobil Ambulance, 2 unit Mobil Derek, dan 1 Unit Mobil Rescue.

PT JBT juga akan mengumumkan sejumlah imbauan dan panduan perjalanan melalui channel resmi Jasamarga Bali Tol seperti Call Center 14080, aplikasi Travoy, dan akun resmi media sosial perusahaan.

"Fokus utama Satgas Nataru ini melibatkan persiapan pelayanan operasi di gerbang tol dan sepanjang jalur tol, pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM), memastikan seluruh fasilitas dapat berfungsi dengan optimal, pembatasan kegiatan konstruksi selama masa layanan operasional, pengendalian kepadatan lalu lintas, serta memastikan kebersihan dan fasilitas layanan yang memadai," katanya.

Ribuan kendaraan masuk Gilimanuk

Sementara itu, Dinas Perhubungan Bali mencatat ribuan kendaraan mulai masuk Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana menjelang Libur Nataru.

Per tanggal 20 Desember 2023, ada 6.282 kendaraan dan penumpang 23.201 orang masuk Bali. Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Bali I Putu Sutaryana memprediksi jumlah kendaraan dan penumpang bakal terus meningkat.

"Jadi kemungkinan untuk masuk Nataru 2023 mengalami peningkatan juga," katanya.

Dinas Perhubungan Bali belum mendata jumlah perkiraan kendaraan dan orang masuk selama libur Nataru. Namun, jumlah kendaraan dan penumpang akan meningkat dibandingkan tahun 2022 dan 2021.

Pada tahun 2021 jumlah kendaraan masuk 47.250 unit, sedangkan tahun 2022 mencapai 94.500 unit.

"Dilihat dari tren dua tahun terakhir terjadi peningkatan, kalau untuk jumlah penumpang dibandingkan tahun 2022 dengan tahun 2021. Di Pelabuhan Gilimanuk meningkat 50 persen," katanya.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/12/22/180733278/50000-kendaraan-diprediksi-lintasi-tol-bali-mandara-saat-libur-nataru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke