Salin Artikel

Jalan Menuju Bandara Bali Macet, Polisi: 50 Persen Wisatawan Pakai Kendaraan Pribadi

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Jansen Panjaitan mengatakan kemacetan juga terjadi sejumlah kawasan wisata favorit di daerah Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan, Bali.

Salah satu, penyebab lonjakan arus lalu lintas ini lantaran 50 persen wisatawan dari Pulau Jawa yang melancong ke Bali memilih mengunakan kendaraan pribadi.

"Wisatawan khususnya dari pulau Jawa hampir 50 persen berlibur ke Bali menggunakan mobil pribadi dan rata-rata mereka memiliki tujuan mengunjungi obyek wisata yang sama setelah sampai di Bali," kata dia dalam keterangan tertulis, pada Jumat (29/12/2023).

Ia mengatakan total kendaraan roda empat yang masuk ke Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, hingga H-3 Tahun Baru 2024, tercatat mencapai 56.998.

Sedangkan, kendaraan yang keluar dari Bali melalui pelabuhan yang sama berjumlah 49.628

"Berarti sekitar 7.370 mobil wisatawan yang liburan masih beroperasional di Bali," kata dia.

Jansen mengatakan pihaknya telah menyiapkan berbagai skema untuk mengurai kemacetan seperti rekayasa lalu lintas dan dan penebalan personel di titik-titik yang rawan kemacetan.

Ia berharap para pengguna jalan baik kendaraan empat maupun roda dua memanfaatkan teknologi arus lalu lintas untuk mencari informasi secara real time, sehingga dapat memantau dan mengantisipasi kemacetan.

"Terpenting para pengguna jalan agar selalu patuhi peraturan lalulintas, ikuti petunjuk petugas kepolisian saat di lapangan dan selalu utamakan keselamatan saat berkendara," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, kemacetan terjadi di Tol Bali Mandara menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Badung, Bali, Jumat (29/12/2023) sejak pukul 16.00 Wita.

Ratusan kendaraan roda empat diperkirakan masih terjebak kemacetan di pintu keluar Tol Bali Mandara dan mengular sepanjang 1,5 kilometer.

Akibatnya, sejumlah wisatawan terpaksa turun dari mobil dan berjalan kaki menuju bandara agar tidak ketinggalan pesawat.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/12/29/234128278/jalan-menuju-bandara-bali-macet-polisi-50-persen-wisatawan-pakai-kendaraan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke