Salin Artikel

Sopir Taksi Bali yang Ancam WNA dengan Pisau Ditangkap di Bandara Surabaya

Pelaku diketahui berinisial YT (29) ditangkap hendak kabur melalui Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/1/2024).

"Jadi pada saat yang bersangkutan hendak naik pesawat diduga akan keluar dari Surabaya kemudian diamankan, lalu Asvec menyerahkan ke Polda Jatim," kata Kabid Humas Polda Bali Kombes Jansen Aviatus, pada Jumat (5/1/2024).

Ia mengatakan, penangkapan berawal dari adanya video viral di media sosial yang memperlihatkan dua orang WNA diduga menjadi korban pemerasan dan pengancaman oleh sopir taksi.

Dari hasil analisis video tersebut, diketahui taksi warna biru itu merupakan angkutan umum di Bandara Ngurah Rai, Tuban.

Selain itu, lokasi kejadian terjadi di sepanjang rute perjalanan Jalan Kayu Aya, Kelurahan seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (2/1/2024).

Jansen mengungkapkan pihaknya masih mendapat kendala untuk mengumpulkan bukti lantaran kedua korban sampai ini belum membuat laporan terkait kasus ini.

"Bisa saja (diproses hukum lebih lanjut) cuma kan ada kesulitan karena ini kasus pidana otomatis harus ada korban," kata dia.

Dalam kasus ini, polisi bakal menjerat terduga pelaku dengan Pasal 368 KUHP tentang pemerasan, atau Pasal 369 KUHP tentang, atau Pasal 2 ayat 1 UU darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang membawa senjata tajam dengan ancaman maksimal 10 tahun penjara

Sebelumnya diberitakan, video yang memperlihatkan seorang sopir taksi mengancam dua penumpang warga negara asing (WNA) menggunakan senjata tajam (sajam) viral di media sosial.

Dalam video yang beredar, seorang dari turis wanita di dalam taksi tersebut merekam pembicaraan mereka dengan sopir taksi.

Terdengar, mereka berselisih terkait ongkos taksi yang dipatok sopir tersebut sebesar 50 dolar Amerika Serikat. Dua WNA itu menolak dengan menawarkan uang senilai Rp 50.000.

Sopir tampak mengeluarkan pisau dan mengancam akan melukai dua WNA terebut. Sontak dua WNA itu berteriak histeris dan minta tolong sambil menunjukkan uang Rp 50.000.

Lalu, kedua penumpang itu berhasil keluar dan minta tolong kepada sekuriti yang sedang berada di lokasi.

"Tolong keluarkan kami. Cuma itu yang kami punya. Tolong," kata salah satu WNA itu.

https://denpasar.kompas.com/read/2024/01/05/151012578/sopir-taksi-bali-yang-ancam-wna-dengan-pisau-ditangkap-di-bandara-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke