Salin Artikel

15 Kapal Pesiar Akan Singgah di Buleleng Sepanjang 2024

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, Gede Dody Sukma mengatakan, kedatangan kapal pesiar tersebut dapat meningkatkan pendapatan asli Daerah (PAD). Selain itu, akan memberi dampak perekonomian bagi masyarakat Buleleng.

"Pada tahun 2023 lalu ada 8 kapal pesiar yang mengangkut ribuan wisatawan mancanegara singgah ke Buleleng," ujarnya, Kamis (11/1/2024) di Buleleng.

Pada 2024 ini, pihaknya menargetkan jumlah kapal yang bersandar lebih banyak. Hingga saat ini setidaknya sudah ada 15 kapal pesiar yang dijadwalkan bersandar di Buleleng.

Pada Januari ini sudah ada dua kapal yang singgah di Buleleng, yakni kapal pesiar Celebrity-Millenium yang bersandar pada Selasa (2/1/2024) dan pada Sabtu (6/2/2024).

"Kapal tersebut mengangkut sejumlah wisatawan mancanegara yang mengunjungi sejumlah destinasi wisata yang ada di Buleleng," lanjutnya.

Wisatawan itu mengunjungi daerah tujuan wisata secara mandiri menggunakan penyedia jasa perjalanan.

Ia menambahkan, kedatangan kapal pesiar ini otomatis meningkatkan perekonomian masyarakat Buleleng serta menambah PAD Buleleng.

"Untuk mengunjungi masing-masing DTW wisatawan setidaknya harus membayar tiket retribusi. Selain itu mereka juga dapat menyumbang pajak restoran 10 persen karena makan siang di restoran-restoran lokal," ujarnya.

Untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan selama berlibur di Buleleng, pihaknya akan menyempurnakan tata kelola daerah tujuan wisata.

"Para pengelola wisata kami minta untuk berbenah mulai dari kebersihan, fasilitas, perbaikan sarana dan prasarana, serta menyiapkan petugas yang memadai," sambung dia.

https://denpasar.kompas.com/read/2024/01/11/112612578/15-kapal-pesiar-akan-singgah-di-buleleng-sepanjang-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke