Salin Artikel

Mengintip TPS Perempuan Berkonsep "Valentine" yang Serba Pink di Bali

Dari pantauan Kompas.com, mereka mendekorasi TPS dengan ornamen khas hari kasih sayang, seperti balon warna pink dan hiasan berbentuk simbol cinta lainnya.

Selain itu, mereka juga menyediakan makanan ringan yang didekorasi dengan cantik dan disandingkan dengan bunga-bunga berlambang cinta.

Ketua KPPS TPS 026 Banjar Tanjung Sari, Ni Luh Eka Mahayeni mengatakan konsep ini dipilih untuk memeriahkan pesta demokrasi lima tahunan yang digelar bersamaan dengan hari kasih sayang, pada Rabu (14/2/2024).

KPPS berharap, para pemilih di TPS tersebut tetap menjaga kerukunan dan kedamaian meski berbeda pilihan dalam kontestasi politik tersebut.

"Kita artinya biar sesama warga di sini ada rasa sayang, damai, ke depan lebih bagus dari yang sudah-sudah. Artinya, tidak ada kerusuhan tetap bersatu, damai. Walaupun beda pilihan tetap bersatu," kata dia di lokasi pada Selasa (13/2/2024).

Petugas berpenampilan spesial

Ia menjelaskan makanan ringan seperti coklat dan permen yang telah disediakan akan dibagikan kepada 100 orang pemilih yang datang lebih awal.

Adapun, para petugas di TPS tersebut terdiri dari tujuh anggota KPPS dan dua petugas keamanan yang juga perempuan.

Nantinya, para petugas KPPS ini juga akan menggunakan kebaya warna pink saat bertugas pada hari pemungutan suara.

Mahayeni berharap seluruh petugas KPPS dalam kondisi kesehatan yang prima sehingga pelaksanaan pemungutan suara kali ini berlangsung sukses.

"Mudah-mudahan kita sehat semua. Kita sudah kondisi. Tidak boleh begadang, minum vitamin. Nggak boleh capek," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dusun Banjar Tanjung Sari, I komang Sugatha, mengatakan konsep Hari Kasih Sayang ini dibuat untuk menarik minat warga setempat untuk menggunakan hak pilihnya.

Anggaran untuk pembuatan TPS bersumber dari dana dari KPU sebesar Rp 2.000.000 dan sumbangan dari warga setempat. Total dana yang dihabiskan sekitar Rp 5.000.000.

Sementara itu, TPS 026 Banjar Tanjung Sari tercatat ada 280 pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

"(Pemilu 2019) memang ramai sekitar 80 persen. Mudah-mudahan bisa lebih meningkat lagi sampai sekitar 90 persen (pemilih)," kata dia.

https://denpasar.kompas.com/read/2024/02/13/172815278/mengintip-tps-perempuan-berkonsep-valentine-yang-serba-pink-di-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke