Salin Artikel

Komentari Film "Dirty Vote", Luhut: Banyak Bohongnya

Diketahui, film yang disutradarai Dandhy Dwi Laksono ini menjadi perbincangan karena menyuguhkan dugaan kecurangan Pemilu 2024 dari berbagai aspek.

Luhut mengatakan, film tersebut disutradarai oleh orang yang sama yang membuat film dokumenter "Sexy Killer" pada Pemilu 2019.

Diketahui, film "Sexy Killer" mengangkat kepemilikan saham perusahaan batu bara terkait dengan PLTU oleh elite politik yang terlibat dalam Pilpres 2019.

"Itu kan film yang membuat film 'Dirty Vote' itu sama juga yang membuat 'Sexy Killer' 2019 dan ternyata di uraian banyak bohongnya. Jadi sayang juga sebenarnya kita menebar kebohongan," kata Luhut di Badung, Bali, Rabu.

Luhut mengeklaim Pemilu kali hampir tidak akan ada potensi kecurangan karena semua pihak yang ikut berlaga saling mengawasi.

Luhut juga merespons terkait tudingan dalam film yang menyebut dirinya sebagai Menko Marves telah melakukan kampanye terselebung dengan mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ia mengatakan, memilih mendukung paslon tersebut karena mengusung keberlanjutan program era pemerintahan Presiden Jokowi.

"Saya kan ditanya, ya saya jawab dengan pikiran saya, karena saya ingin keberlanjutan, karena saya tahu persis kalau tidak keberlanjutan, maka ekonomi kita itu nanti jadi seperti yoyo," kata dia.

Film yang tayang perdana pada Minggu (11/2/2024) atau di hari tenang itu, menampilkan pernyataan dari tiga pakar hukum tata negara, yakni Bivitri Susanti, Zainal Arifin Mochtar, dan Feri Amsari

Dalam film tersebut, salah satunya menampilkan video pernyataan dukungan Luhut terhadap Prabowo-Gibran.

"Begitu terangnya dukungan ini diberikan sehingga kita bisa menduga ada kampanye terselubung yang tengah terjadi," kata Bivitri Susanti mengomentari dukungan Luhut.

https://denpasar.kompas.com/read/2024/02/14/122651278/komentari-film-dirty-vote-luhut-banyak-bohongnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke