Salin Artikel

Bawaslu Selidiki Dugaan Politik Uang oleh Timses Caleg di Buleleng

Ketua Bawaslu Buleleng, Kadek Carna Wirata mengatakan, pihaknya menerima laporan dugaan politik uang yang dilakukan oleh salah satu tim pemenangan caleg DPRD Kabupaten Buleleng.

Laporan yang disampaikan itu juga dilengkapi dengan tangkapan layar dari percakapan di grup aplikasi perpesanan Whatsapp.

"Kemarin ada masyarakat yang menyampaikan laporan ke Bawaslu Buleleng terkait dugaan money politic. Ini masih kami dalami," ujarnya, Selasa (20/2/2024).

Pihaknya mengaku akan segera menggelar rapat pleno untuk menentukan apakah laporan tersebut memenuhi syarat formil maupun materiil.

Laporan itu disebut akan secepatnya ditangani, mengingat Bawaslu hanya mempunyai waktu dua hari untuk menangani.

"Bukti yang diajukan pelapor berupa screenshot percakapan di grup, berisi pernyataan dari terduga pelaku yang akan memberikan sesuatu kepada kelompok masyarakat jika memenangkan," ucapnya.

Carna menambahkan dalam penelusuran yang dilakukan, pihaknya akan segera melakukan panggilan terhadap tim terlapor untuk menyampaikan klarifikasi.

"Kami akan segera mengklarifikasi bukti tersebut kepada yang melaporkan. Bukti chat tersebut bisa dijadikan sebagai bukti awal," ucapnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2024/02/20/103056978/bawaslu-selidiki-dugaan-politik-uang-oleh-timses-caleg-di-buleleng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke