Salin Artikel

5 Destinasi Island Hopping di Bali, ada Nusa Penida hingga Pulau Menjangan

KOMPAS.com - Bali menjadi salah satu destinasi populer di Indonesia yang memiliki banyak pilihan atraksi wisata.

Salah satu atraksi wisata yang menarik dan banyak diminati wisatawan di Bali terutama turis mancanegara adalah island hopping.

Dilansir dari laman Kemenparekraf, island hopping adalah sebutan populer untuk berwisata dengan mengelilingi atau menjelajahi pulau-pulau yang lokasinya berdekatan.

Kegiatan yang dilakukan ketika island hopping tidak hanya bisa mengitari daratan di sekitar pulau saja, namun juga bisa menikmati keindahan lautnya.

Di sekitar Pulau Bali sendiri ada beberapa pulau yang menjadi pilihan destinasi untuk melakukan island hopping.

Berikut adalah destinasi island hopping populer di Bali yang kerap dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara.

Bali dan Lombok adalah destinasi wisata yang bisa dicoba untuk merasakan sensasi island hopping.

Bagi wisatawan yang tertarik menjajal jalur laut, bisa memulai perjalanan dari Pelabuhan Padangbai di Karangasem menuju Pelabuhan Lembar di Lombok barat. Perjalanan ini akan ditempuh selama 4 jam 30 menit.

Sampai di Pulau Lombok, banyak opsi atraksi wisata yang bisa dikunjungi seperti Pantai Senggigi, Pantai Kuta Mandalika, Taman Narmada, Pura Batu Bolong, Danau Segara Anak, Gunung Rinjani, dan Desa Sade.

2. Island Hopping Bali - Nusa Lembongan

Nusa Lembongan adalah salah satu jajaran pulau kecil yang berada di sebelah tenggara Pulau Bali. Secara administratif, Nusa Lembongan masuk ke dalam wilayah Kabupaten Klungkung.

Untuk menyeberang, wisatawan bisa mencari kapal dari Pelabuhan Sanur menuju Nusa Lembongan dengan lama perjalanan 30-45 menit.

Di Nusa Lembongan, wisatawan bisa menyewa sepeda atau motor untuk berkeliling pulau dan mengunjungi beberapa pantai eksotis, goa alam, dan tebing laut yang indah.

Bagi yang suka berselancar, wisatawan dapat menjajal ombak di Nusa Lembongan yang cukup menantang.

Seperti Nusa Lembongan, Nusa Penida juga menjadi salah satu jajaran pulau kecil yang berada di sebelah tenggara Pulau Bali dan masuk ke dalam wilayah Kabupaten Klungkung.

Untuk menyeberang, wisatawan bisa mencari kapal dari Pelabuhan Sanur menuju Nusa Penida dengan lama perjalanan sekitar 30 menit.

Meski pantai di Nusa Penida cenderung memiliki tebing yang terjal, namun panoramanya menjadi daya tarik tersendiri.

Beberapa obyek wisata terkenal di Nusa Penida antara lain Kelingking Beach, Broken Beach, Angel Billabong, Pantai Atuh, Diamond Beach, Crystal Bay, dan Devil's Tears.

Gili Tramena yang merupakan singkatan dari Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air adalah destinasi island hopping yang cukup populer.

Wisatawan bisa memulai perjalanan dari Pelabuhan Sanur menuju Nusa Lembongan dan Pulau Nusa Penida, baru dilanjutkan ke Gili Trawangan, hingga ke Gili Meno dan Gili Air.

Sepanjang perjalanan, wisatawan tidak hanya bisa menikmati pemandangan laut yang memukau. Terdapat aktivitas seru yang bisa dicoba seperti diving, snorkeling, dan canoeing.

5. Island Hopping Bali - Pulau Menjangan

Pulau Menjangan adalah sebuah pulau yang merupakan bagian dari wilayah Taman Nasional Bali Barat dan masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Buleleng.

Nama Pulau Menjangan disematkan karena memang pulau ini merupakan habitat bagi kawanan menjangan atau rusa liar.

Untuk menuju Pulau Menjangan, wisatawan dapat menyeberang dari Pelabuhan Lalang yang ada di Teluk Terima, atau dari Pelabuhan Banyuwedang.

Karena Pulau Menjangan merupakan pulau tidak berpenghuni, wisatawan tidak akan menemukan akomodasi atau fasilitas wisata di tempat ini.

Wisatawan yang datang biasanya akan melakukan kegiatan diving untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Hal ini karena perairan Pulau Menjangan ini dikenal sebagai lokasi wall diving terbaik di Bali.

Sumber:
kemenparekraf.go.id  
kemenparekraf.go.id  
lombokbaratkab.go.id  
disbudpar.ntbprov.go.id  
travel.kompas.com  
travel.kompas.com  
denpasar.kompas.com . 

https://denpasar.kompas.com/read/2024/02/21/223057478/5-destinasi-island-hopping-di-bali-ada-nusa-penida-hingga-pulau-menjangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke