Salin Artikel

Seorang Ibu di Bali Jadi Korban Jambret Saat Sembahyang Galungan, Pelaku Diamuk Massa

DENPASAR, KOMPAS.com - Seorang pria, berinisial IMS alias Liong (50), babak belur diamuk sejumlah warga di Jalan Raya Sesetan, Kota Denpasar, Bali, pada Rabu (28/2/2024) sekitar pukul 07.00 Wita.

Pria ini dihakimi massa usai kedapatan menjambret kalung seorang ibu, Ni Made Wardani (68), yang sedang sembahyang Hari Raya Galungan di lokasi kejadian.

"Pelaku merupakan residivis pernah ditangkap dua kali di wilayah Denpasar Selatan dan terakhir di Denpasar Barat dalam kasus yang sama," kata Kapolsek Denpasar Selatan Kompol Ida Ayu Made Kalpika dalam keterangan tertulis, Rabu.

Kalpika mengatakan, kejadian ini bermula ketika korban hendak sembahyang di depan rumahnya dalam rangka Hari Raya Galungan sekitar pukul 07.00 Wita.

Kemudian, tiba-tiba korban didekati oleh pelaku yang mengendarai sepeda motor dan langsung merampas kalung emas dari lehernya. Korban pun langsung teriak minta tolong ke warga sekitar.

Pelaku yang mencoba kabur akhirnya berhasil diadang oleh seorang warga setempat yang menendang motornya hingga terjatuh.

Sejumlah warga yang emosi melihat kejadian itu spontan menghajar pelaku lalu menyerahkan Liong ke aparat Polsek Denpasar Selatan yang sedang patroli.

"Sebelum diamankan polisi, pelaku sempat diamuk massa. Anggota kami cepat mengamankan pelaku dari amukan massa, " kata dia.

Saat ditangkap, polisi berhasil mengamankan barang bukti dari tangan pelaku berupa satu buah kalung emas dan liontin dan satu unit sepeda motor Yamaha Mio bernomor polisi DK 6183 PM.

Kepada polisi, pelaku juga mengaku sempat melancarkan aksinya dengan menjambret satu buah ponsel di Jalan Tegal Wangi Sesetan.

"Pelaku mengakui perbuatannya telah menarik kalung korban di depan rumah korban yang sedang sembahyang," kata Kalpika.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.

https://denpasar.kompas.com/read/2024/02/28/214537578/seorang-ibu-di-bali-jadi-korban-jambret-saat-sembahyang-galungan-pelaku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke