Salin Artikel

Hari Raya Nyepi, 16.095 Lampu Penerangan Jalan di Buleleng Dipadamkan

BULELENG, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng akan mematikan 16.095 lampu penerangan jalan umum (LPJU) di Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, selama Hari Raya Nyepi, Senin (11/3/2024).

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Kabupaten Buleleng, Cokorda Adithya Wiraputra Yudha mengatakan, pemadaman mulai dilakukan petugas sejak Jumat (8/3/2024) lalu.

Proses pemadaman dilakukan secara bertahap mengingat jumlah lampu penerangan jalan di Buleleng cukup banyak.

Selain lampu penerangan jalan, petugas juga akan memadamkan traffic light, panel lampu penerangan jalan, dan lampu penerangan jalan tenaga surya.

"Jumlah lampu penerangan jalan ada 16.095 titik, 14 traffic light, 236 panel lampu penerangan jalan, dan 160 lampu penerangan jalan tenaga surya," ucapnya.

Pemadaman lampu penerangan jalan ini untuk menciptakan kehidmatan selama Nyepi berlangsung.

"Jadi untuk menjaga kekhidmatan Nyepi, kami memadamkan lampu penerangan jalan dan traffic light," ucapnya.

Dishub Buleleng menurunkan 20 orang teknisi dan empat orang penanggung jawab yang disebar di 9 kecamatan untuk memadamkan penerangan jalan.

Para petugas ini juga akan bertugas dan siaga selama Nyepi berlangsung.

Untuk lampu penerangan jalan tenaga surya dipadamkan secara manual. Mengingat lampu tenaga surya ini menggunakan smart system, sehingga dikhawatirkan menyala kembali.

"Kami matikan secara manual 160 lampu jalan tenaga surya, karena kami saat Nyepi kemarin ada beberapa yang menyala. Kami susah matikan karena jaringan seluler dimatikan, sehingga susah koordinasi saat itu," lanjutnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2024/03/10/092204378/hari-raya-nyepi-16095-lampu-penerangan-jalan-di-buleleng-dipadamkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke