Salin Artikel

Nyepi 2024, Akses Wisata Taman Nasional Bali Barat Tutup Total

Pihak pengelola TNBB telah mengeluarkan Pengumuman Nomor PG.1/BTNBB/KSA.5.1/B/03/2024 tentang Penutupan Kegiatan Wisata Alam dalam Rangka Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1946 di Kawasan Taman Nasional Bali Barat.

Kepala Balai TNBB, Agus Ngurah Krisna Kepakisan menjelaskan kawasan konservasi ini ditutup mulai Minggu (10/2/2024) sore pukul 16.00 Wita sampai Selasa (12/3/2024) pagi pukul 08.00 Wita.

Untuk sementara waktu setiap kunjungan dan wisata, serta pintu masuk di Karangsewu, Tegal Bunder, Labuan Lalang, Banyumandi, dan Cekik ditutup secara total.

Selain untuk menghormati Hari Suci Nyepi, penutupan juga sebagai upaya pemulihan ekosistem di kawasan TNBB.

"Kami telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah, desa, desa adat, serta kepolisian. Pintu masuk akan dijaga petugas TNBB sebanyak tiga orang, dibantu pecalang," ujarnya dikonfirmasi Minggu (10/3/2024).

Agus melanjutkan, bila petugas TNBB melakukan penjagaan kawasan saat Nyepi, untuk mencegah adanya tindak pidana kehutanan (tipihut) seperti perburuan dan penebangan ilegal.

Adapun pelibatan pecalang dan pihak keamanan dari desa penyangga kawasan hutan TNBB, untuk mengamankan situasi saat berlangsungnya penyepian.

"Petugas kami menjaga kawasan untuk mencegah tipihut. Pintu masuk dijaga pecalang dan pihak terkait untuk menghormati catur bratha penyepian, dengan mencegah orang masuk berwisata," lanjutnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2024/03/10/190002878/nyepi-2024-akses-wisata-taman-nasional-bali-barat-tutup-total

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke