Salin Artikel

Tersesat Saat Turun, 4 Pendaki Gunung Sanghyang di Bali Dievakuasi SAR

TABANAN, KOMPAS.com - Empat orang pendaki tersesat saat di Gunung Sanghyang di Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali, pada Minggu (24/3/2024).

Tim SAR Gabungan melakukan pencarian terhadap keempat pendaki tersesat tersebut. Keempatnya ditemukan selamat pada Selasa (25/3/2024) sekitar pukul 10.20 Wita di Desa Jatiluwih, Tabanan.

Identitas para pendaki tersebut yakni Anak Agung Sukarata (55), I Made Sustrawan (50), Wayan Sudana (52) dan Ketut Dapur (50).

Kepala Kantor Basarnas Bali, I Nyoman Sidakarya mengatakan, informasi pertama kali diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar atau Basarnas Bali pada Selasa sekitar pukul 05.20 Wita dari Pos Polisi Pancasari.

"Dari laporan yang kami terima diketahui keempat orang mulai berangkat Hari Minggu (24/3/2024) pukul 07.00 Wita, dan sempat menghubungi keluarga pada Senin (25/3/2024) pukul 13.00 Wita mengatakan sudah berada di puncak Gunung Sanghyang," kata dia dalam keterangannya, Selasa.

Para pendaki itu diperkirakan tersesat saat turun karena pihak keluarga kehilangan komunikasi. Hal itu langsung dilaporkan ke petugas kepolisian.

Tim SAR Gabungan memulai pencarian dengan mendaki setelah pembagian tugas untuk masing-masing Search and Rescue Unit (SRU).

"Teknik pencarian dibagi menjadi dua SRU, satu SRU langsung menuju puncak Gunung Sanghyang dan satu lainnya menuju hutan seputar Bedugul," kata Dudi Librana, Koordinator Pos SAR Buleleng.

Kemudian pada pukul 08.30 Wita, anggota SAR tiba di ketinggian 1.600 mdpl dan melanjutkan perjalanan hingga tiba di Pura Penataran dan saat itu tidak ditemukan jejak-jejak keberadaan keempat pendaki.

Lalu, sekitar pukul 10.20 Wita, pihaknya menerima informasi dari masyarakat bahwa para pendaki berhasil turun dan ditemukan di daerah Desa Jatiluwih, Tabanan, dan diketahui para pendaki merubah jalur menuju daerah ke Jatiluwih.

"Menurut keterangan yang diungkapkan langsung oleh keempat pendaki bahwa mereka membawa perbekalan yang cukup, hanya saja tidak bisa berkomunikasi. Pada pukul 11.40 Wita, tim SAR Gabungan dan pendaki tiba di Posko Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng," ujarnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2024/03/26/193448778/tersesat-saat-turun-4-pendaki-gunung-sanghyang-di-bali-dievakuasi-sar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke