Salin Artikel

WN Australia Dideportasi karena Promosikan Spa Milik Pacarnya

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja, Hendra Setiawan mengatakan, JEDY dideportasi pada Selasa (26/3/2024) melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

JEDY menumpangi maskapai Jetstar dengan nomor penerbangan JQ 36 tujuan akhir Melbourne, Australia.

"Warga negara asing tersebut dideportasi lantaran terbukti melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan izin tinggalnya," kata dia, Rabu (27/3/2024).

Kata Hendra, JEDY terbukti menyalahgunakan izin tinggal dengan melakukan promosi dan penawaran bisnis spa. Padahal visa yang digunakan untuk masuk ke Indonesia adalah visa kunjungan.

"Kegiatan promosi dilakukan yang bersangkutan sejak 12 Februari 2024 melalui Facebook," ucapnya.

Dari hasil pemeriksaan, JEDY diketahui masuk wilayah Indonesia pada 23 Februari 2024. JEDY telah bolak-balik ke Bali dan memiliki kekasih di Desa Amed, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali.

"Dia sudah berulangkali masuk ke Bali dikarenakan punya pacar di wilayah Sanur, Denpasar yang kebetulan pacarnya asli Amed, Karangasem," kata dia.

Hendra menambahkan, usaha spa yang dipromosikan JEDY merupakan milik pacarnya.

Adapun JEDY diamankan petugas Inteldakim Imigrasi Singaraja pada Kamis (22/3/2024) di wilayah Amed, Karangasem. JEDY sempat ditempatkan di Rumah Detensi Imigras Singaraja hingga waktu pendeportasian.

Karena menyalahgunakan izin tinggal itu, JEDY dianggap melanggar Pasal 75 ayat (1) jouncto Pasal 122 huruf a Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

"Atas dasar tersebut, terhadap warga negara asing tersebut dikenakan Tindakan Administratif Keimigrasian (TAK) berupa pendeportasian dan penangkalan," lanjutnya.

Ia menyampaikan, Kantor Imigrasi Singaraja mengawasi aktivitas WNA yang berada di wilayah kerja Imigrasi Singaraja, yakni Kabupaten Buleleng, Jembrana, dan Karangasem.

"Kami tidak ingin keberadaan warga negara asing yang semestinya bermanfaat, malah membuat keresahan atau merugikan bagi perekonomian warga setempat," tutup dia.

https://denpasar.kompas.com/read/2024/03/27/110744078/wn-australia-dideportasi-karena-promosikan-spa-milik-pacarnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke