Salin Artikel

Polisi Antisipasi Macet Ekstrem Terulang di Bali Saat Liburan Idul Fitri 2024

Hal ini dilakukan agar kemacetan ekstrem pada saat momen libur Tahun Baru 2024 tidak terulang, terutama akses menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali.

"Yang diatensi yang jelas adalah Gilimanuk dan bandara. Karena pengalaman kemarin kan terdapat crowded di bandara. Tapi di bandara sudah rapat koordinasi dengan otoritas bandara nanti ada langkah- langkah mitigasi," kata Karo Ops Polda Bali Kombes Pol Soelistyono, pada Rabu (3/4/2024).

Adapun langkah mitigasi kemacetan menuju Bandara Ngurah Rai, yakni pemasangan water barrier untuk mengurangi konflik lintas pada lokasi putar balik kendaraan.

Berikutnya, sterilisasi kendaraan yang parkir di badan jalan, seperti ruas di Jalan Kediri, Jalan Raya Tuban, dan Jalan By Pass Ngurah Rai, serta pengaturan sirkulasi arus lalu lintas untuk menghindari deadlock dengan melakukan rekayasa lalu lintas.

Selanjutnya, penyediaan layanan shuttle bus menuju bandara, melakukan prosedur penanganan darurat bagi penumpang melalui jalur VIP, Runaway 27, Main Gate dan Loading Dock, dan koordinasi dengan instasi terkait melalui grup Whatsapp.

"Jadi kalau seandainya terjadi kepadatan di dalam itu ada mitigasi seperti di VIP 2 itu akan dibuka, dibuat akses. Kemudian GAT yang di seberang bandara juga dibuka," kata Soelistyono.

Ia memprediksi pergerakan wisatawan nusantara yang datang melalui bandara pada momen libur Lebaran 2024 akan mengalami lonjakan dibanding tahun sebelumnya.

"Mungkin dibandingkan 2022 ke 2023 ada kenaikan orang masuk ke Bali, 2023 ke Bali, 2024 tambah lagi. Jadi prediksi otoritas bandara bisa naik 9 persen," kata dia.

Dalam operasi Ketupat Agung 2024 ini, Polda Bali membangun 21 pos pengamanan, 10 pelayanan, dan 3 pos terpadu.

Selain itu, tercatat 3.507 personel gabungan yang terdiri dari 2.005 anggota Polda Bali dan 1.502 anggota dari instasi terkait yang dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan libur Idul Fitri 1445 H.

Seperti diketahui, kemacetan ekstrem untuk pertama kali terjadi di Bali pada masa libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, pada Jumat (29/1/2023).

Saat itu, sejumlah pengguna Tol Bali Mandara yang kebanyakan wisatawan asing terpaksa harus turun dan berjalan kaki menuju bandara karena antrean kendaraan terlalu panjang.

https://denpasar.kompas.com/read/2024/04/03/150417078/polisi-antisipasi-macet-ekstrem-terulang-di-bali-saat-liburan-idul-fitri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke